Advertise Here

mengenal lingkungan

- Another Blogger Blog's

Siberia, Padek—Sebuah gempa besar berkekuatan 6,8 SR melanda Siberia, wilayah tenggara Rusia, pada Minggu (26/2). Getaran akibat tumbukan kerak bumi itu, membuat warga dekat perbatasan Mongolia itu terbangun dari tidur mereka. Namun, belum ada laporan korban atau kerusakan.

Survei Geologi AS sebagaimana dilaporkan Reuters menyebutkan, pusat gempa berasa sekitar 90 kilometer (60 mil) timur Kota Kyzyl, pada kedalaman sekitar 11 Km.  Sedangkan Xinhua melaporkan, gempa berkekuatan 7 SR pukul 14:17 waktu setempat. Menurut pusat jaringan gempa di Cina (CENC), pusat gempa berada pada 51,7 derajat lintang utara dan 96,0 derajat bujur timur, serta berada pada kedalaman 10 kilometer.

Ini gempa besar kedua yang mengguncang wilayah itu dalam dua bulan terakhir. Pada Desember tahun lalu, kegiatan penambangan batu bara di Kuzbass, wilayah batu bara terbesar di Rusia dihentikan ketika gempa berkekuatan 6,9 mengguncang di dekat Kyzyl.

Kantor berita RIA melaporkan, warga di pusat kota Kyzyl berkumpul di luar rumah-rumah mereka dan kementerian darurat memperingatkan potensi gempa susulan. “Piring jatuh dari rak-rak di rumah bergetar sangat kuat. Mereka mengingatkanku pada gempa bulan Desember,” kata seorang warga setempat.

RIA mengutip kementerian keadaan darurat regional untuk Siberia timur mengatakan, pihaknya belum ada menemukan dan belum menerima laporan korban terluka dan kerusakan parah dalam gempa itu.

Seorang ilmuwan Rusia Viktor Seleznyov mengatakan, gempa tersebut akan memicu gempa baru di wilayah itu. ”Dilihat dari data yang diterima dari stasiun kami, ini bukan kelanjutan dari gempa Tyva yang terjadi pada akhir 2011. Pusat gempa tersebut merupakan sinyal gempa bumi seri baru,” kata Viktor Seleznyov, Direktur Institut Geofisika dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

Menurut data awal yang dilaporkan Kementerian Darurat Rusia, gempa bumi itu tidak menimbulkan korban atau kerusakan. Viktor memperkirakan gempa berikutnya akan menyerang kawasan dekat Danau Baikal. (RTR/Xinhua/RIA/esg)
SUMBER:http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=24682

0 komentar:

Posting Komentar

Free Tree ani Cursors at www.totallyfreecursors.com